Rabu, 21 November 2007

Mainan Baru di Dunia Teknologi Komunikasi

Arti teknologi bagi manusia
Level kepentingan teknologi di mata manusia berbeda-beda, tapi pasti tetap menjadi kehidupan sehari-hari setiap manusia. Teknologi telah mempermudah dan mengajak cara berpikir manusia untuk lebih maju. Fasilitas dalam mengerjakan pekerjaan di kantor, memasak air sampai untuk bertukar informasi telah disentuh oleh teknologi.


Perkembangan teknologi di dunia komunikasi
Kemajuan yang signifikan telah dilalui oleh para pengguna maupun yang tidak menggunakan teknologi sekalipunn. Di dunia komunikasi teknologi sangat berpengaruh, dalam aspek penggunaan maupun teori. Teori terdahulu yang diciptakan oleh pakar komunikasi 50 - 70 tahun yang lalu mungkin berkurang validitasnya karena perkembangan teknologi.


Teknologi komunikasi dengan lifestyle
Gaya hidup kita saja sekarang dapat dilihat dari teknologi yang kita gunakan (ataupun kebalikannya). Semakin maju gadget (alat teknologi) yang kita gunakan, seseorang cenderung berpikir lebih praktis dan konsumtif. Di Asia sendiri (Indonesia termasuk di dalamnya) adalah bagian negara yang warganya sangat konsumtif dengan kemajuan dan beradanya alat komunikasi yang baru. Dimulai dari; TV, Laptop, komputer, telepon genggam, HP sampai mp3 player.


Beberapa aplikasi yang menarik perhatian kami adalah; 3D display system dan audio barcode. Dua aplikasi ini akan membawa kita ke lifestyle (gaya hidup) yang lebih futuristik. Mungkin yang biasanya kita lihat di kartun the Jetsons atau di film Minority Report tidak lama lagi akan menjadi kenyataan dan suatu hal yang bisa di masa yang akan datang.

3D display system

Perkembangan sejarah dalam pengembangan dan pembuatan aplikasi sistem ini
Perkembangan aplikasi ini telah menjalar ke berbagai alat-alat yang menggunakan teknologi. Di dunia komunikasi aplikasi ini sangat berpengaruh pada feature di dalam HP (telepon genggam) dan alat komunikasi lain (laptop / pc). Aplikasi ini telah digunakan ke dalam alat-alat tersebut dengan memberikan hasil resolusi visual yang lebih jelas dan tajam.

Contoh - contoh gadget yang menggunakan aplikasi ini
Beberapa gadget yang telah disebut diatas, salah satunya tampilah pada touch screen yang telah dikembangkan oleh Jeff Han, peneliti dari New York University.







Audio barcode

Apa yang telah dilakukan oleh para ahli teknologi dan ahli komunikasi?
Sebelum memasuki pembahasan audio barcode, perlu diketahui 2D barcode telah tersebar luas di wilayah Jepang dalam penggunaan pada iklan di TV dan majalah. Aplikasi tersebut mempermudah konsumer dalam mengakses website dan gambar yang terkait dengan menggunakan kamera dalam HP. Data atau informasi itu ada dalam gambar yang lebih dikenal sebagai kode. Nantinya data tersebut dapat diambil dengan alat yang sudah di targetkan / di fokuskan, yang nantinya memakai software (program) khusus untuk memecahkan kode tersebut dalam berbentuk tulisan atau dengan bentuk yang lain (lebih mudah di mengerti).
Ada beberapa level audio yang manusia tidak bisa menangkan karena keterbatasannya level indera pendengaran manusia. Aplikasi ini mencoba untuk mendobrak dinding pemisah tersebut. Apabila audio barcode ini sudah ada di pasaran dan bersifat umum kita dapat dengan mudah memecahkan kode-kode di internet, televisi bahkan radio.

Apa saja yang sudah pakai aplikasi ini?
Beberapa alat komunikasi yang sudah memakai aplikasi ini kebanyakan adalah HP atau kamera digital. Salah satu contoh produk HP yang sudah memakainya adalah hp Nokia E90.





Dengan usaha yang ekstensif pada 2 aplikasi ini tentu akan sangat membantu kita dalam melakukan pekerjaan di masa yang akan datang. Hanya saja selama ini yang menghambat kemajuan dan distribusi alat-alat teknologi dengan software yang canggih adalah harganya yang tidak variatif. Semoga aplikasi ini dapat digunakan pada alat-alat teknologi yang dapat di dapat atau akses banyak orang, bahkan yang tinggal di daerah kecil sekalipun.

Tidak ada komentar: