Rabu, 05 September 2007

Tugas Pertekom 06/09/2007








{DAMPAK YANG DIBERIKAN OLEH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TERHADAP PERILAKU DAN BUDAYA MANUSIA}

Menurut kelompok 3 secara individu-individu, teknologi jelas ada pengaruh dalam perilaku atau budaya manusia itu sendiri. Namun skala-nya dapat beragam. Dan penetrasi teknologi dalam kehidupan manusia berlangsung secara berkala / bertahap. Teknologi yang dibuat oleh para pakar teknologi membantu manusia untuk memperoleh, menyimpan dan menyebarluaskan sejarah budaya yang ada. Manusia nantinya juga akan di tantang untuk lebih ahli dalam menggunakan alat-alat teknologi. Dengan compact-nya (lengkap) fungsi komputer dan bantuan internet yang ada, mempermudah masing-masing orang untuk memperlengkap informasi yang sudah di dapat sebelumnya.

Kultur bermain anak-anakpun sudah berbeda dengan di bandingkan 20 atau 10 tahun yang lalu. Adanya interactive games, internet dan beragam program TV yang ada, membuat anak cenderung menghabiskan waktu sendiri bermain dengan gadget-gadget tersebut. Terlebih lagi dengan banyaknya pilihan bentuk dan feature dalam medium teknologi yang ada, membuat orang cenderung lebih konsumtif dalam segi pemilihan produk teknologi. Timbul-lah kultur lay-buy, tuker-tambah dan lain-lain.

Jadi jelas perkembangan teknologi memperngaruhi perilaku dan budaya manusia. Pengaruh itu bisa berbentuk negatif atau positif. Kembali pada masing-masing individu dalam mengambil fungsi dan keuntungan perkembangan teknologi yang ada.

{PENGERTIAN GLOBAL VILLAGE DAN TEKNOLOGI YANG DIGUNAKAN}

Today, the global village is mostly used as a metaphor to describe the Internet and World Wide Web.
Global Village biasanya digunakan sebagai metafor untuk mendeskripsikan internet dan web secara global.
http://en.wikipedia.org/wiki/Global_village_%28Internet%29
Lalu awal mulai konsep global village itu lahir dari penemuan “phonetic alphabet” dari Teori Phonemic orthography oleh McLuhan. Pada tahun 1950 sudah digunakan teknologi, dan pada tahun 1960an kritik dating dan dipakainya teknologi elektronik seperti televisi, komputer. Sekarang dapat dilihat bahwa internet adalah salah satu penemuan yang paling umum dipakai oleh masyarakat dunia.
its roots can be traced back to the invention of the "phonetic alphabet" (McLuhan's term for phonemic orthography), the Gutenberg Galaxy, like the Global Village that followed it, was ushered in by a technological innovation, the Gutenberg press.


{HUBUNGAN ANTARA PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DENGAN PUBLIC RELATION, JUNALISTIK DAN INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION}

Public Relations :
Hubungan perkembangan teknologi dengan public relation sangat erat hubungannya karena tujuan dari public relation itu sendiri bertujuan untuk
menciptakan reputasi yang baik bagi perusahaan dan membuat masyarakat
berpikir lebih baik tentang organisasi yang diwakili. Maka dari sudut pandang
komunikasi Public Relations memiliki tujuan untuk menciptakan pengenalan,
pemahaman, minat dan dukungan bagi perusahaan, baik itu dari public internal
maupun eksternal. Public Relations saat ini san
gat terkait dengan keberadaan
berbagai macam media seperti contohnya media cetak maupun elektronik. Media
merupakan jalur yang terpenting dalam segala kegiatan Public Relations.


Jurnalistik :
Studi Jurnalistik bertujuan membentuk sarjana yang terampil menyampaikan informasi melalui media massa. Untuk mencapai tujuan tersebut, Jurusan Jurnalistik diharapkan memiliki :
1. Pengetahuan dan kemampuan dalam mencari, mengolah, menulis dan menyampaikan berita/artikel, tajuk rencana, laporan mendalam secara efektif melalui media massa yang sesuai dengan Kode Etik Jurnalistik.
2. Kemampuan mengelola dan mengembangkan usaha penerbitan media cetak atau elektronik.
Jadi semuanya berkaitan dengan teknologi yang terkini dan dan harus selalu mengikuti perkembangannya.


IMC :
Dalam IMC bantuan dari teknologi yang ada dapat terlihat dari output yang dihasilkan dari bagian marketing (Poster,Ad-clips,etc.)

Tidak ada komentar: