Rabu, 01 Agustus 2007

5 teknologi komunikasi

5 teknologi komunikasi yang telah berkembang secara signifikan:

1) Telepon

Telepon adalah alat telekomunikasi yang dapat mengirimkan pembicaraan melalui sinyal listrik. Umumnya penemu telepon adalah Alexander Graham Bell, dengan telepon pertama dibuat di Boston, Massachusetts, pada tahun 1876. Tetapi, penemu Italia Antonio Meucci telah menciptakan telepon pada tahun 1849, dan pada September 2001, Meucci dengan resmi diterima sebagai pencipta telepon oleh kongres Amerika, dan bukan Alexander Graham Bell. (Wikipedia)

Telepon pada awalnya diciptakan oleh Alexander Graham Bell, bentuknya tidak menyerupai telepon yang ada pada saat ini. Dulunya untuk mempergunakan telepon kita memerlukan signal dan suara. Namun sekarang teknologi sudah berkembang. Tidak hanya suara yang dapat kita lihat, namun sekarang dibantu oleh tampak visual. Inovasi terbaru ini sekarang sedang digemari oleh para pengguna telekomunikasi.
Lalu setelah ditemukannya telepon, lahir bentuk baru yaitu telepon genggam atau yang sering kita sebut dengan handphone. Handphone itu ada telepon yang bisa kita bawa-bawa. Yang biasanya dulu saat hanya ada telepon,kita tidak bisa membawa-bawa jika ingin berpergian. Namun sekarang setelah adanya handphone kita dapat membawa-bawa kemanapun kita pergi. Tidak dibutuhkan kabel lagi yang membatasi langkah kita. Sinyal handphone itu dapat diterima dari transmitter provider sehingga kita dapat melakukan panggilan.
Kelebihan dari handphone:
- banyak fitur-fitur yang dapat digunakan (seperti 3G)
- dapat dibawa kemana-mana
- banyak design model hp yang dapat dipilih

Kekurangan Handphone:
- biaya lebih mahal dibandingkan telepon rumah
- memerlukan baterai handphone yang biasanya cepat habis

Handphonepun mengalami perkembangan, yang dulunya belum berwarna sekarang sudah berwarna, yang tadinya monophonic sekarang polyphonic, yang tadinya belum ada fitur sms sekarang sudah ada. Perusahaan-perusahaan yang sedang berkembang dalam industri telekomunikasi yaitu ada Samsung, Sony Ericsonn, Nokia, LG. Semua bersaing memberi fitur-fitur terbaik agar calon konsumen tertarik untuk membeli.

Fitur-fitur dari handphone yang dapat kita temui pada handphone-handphone sekarang adalah:
- Built in Camera (rata-rata hp sekarang sudah memiliki kamera sendiri)
- 3G (kita dapat melihat muka lawan bicara kita saat melakukan panggilan)
- online banking (dapat mentransfer dari hp)

Kelebihan dari telepon itu ada banyak:
- menghemat waktu untuk berkomunikasi (tidak diperlukannya face-to-face communication)
- akses lebih luas (Sekarang bisa menelepon ke luar negri)
- banyak

Copy of the original phone of Graham Bell at the Musée des Arts et Métiers in Paris
Gambar telepon pertama


Touch Tone® single line business telephone with message waiting lamp
Gambar telepon yang sederhana

Beberapa jenis Telepon genggam
Gambar handphone handphone


2) Games dan permainan interaktif

Video games pertama kali diciptakan di pertengahan tahun 1960 an. Konsol yang pertama kali diciptakan adalah ATARI (konsol adalah produk atau merk mesin video game). Atari yang pertama kali diciptakan kemampuannya sangat terbatas dengan kualitas gambar yang sangatlah sederhana dan juga keterbatasan dari fitur game playnya. Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi kemampuan video game dewasa ini sangatlah berkembang dan modern apabila dibandingkan dengan video games pada era ATARI. Konsol-konsol yang sekarang memegang adalah Sony Playstation, Nintendo, dan X-box. Perbedaan yang sangat signifikan dapat kita lihat dari kualitas gambar, suara, fitur-fitur game playnya dan masuknya teknologi internet ke dalam fitur-fitur video games. Selain konsol, internet gaming juga semaking merambah. Dengan internet gaming para pemain dapat berinteraksi dengan pemain lainnya dengan menggunakan internet (chatting,voiceclip,etc). Jumlah pemain yang dapat ikut juga banyak karena adanya server atau biasa yang dinamakan host player. Dalam cuplikan film tadi kita melihat perkembangan internet gaming yang sudah sangat modern dengan adanya teknologi face scanning yang digunakan untuk skin atau wajah pada karakter dari game yang dimainkan.

Go to fullsize image Go to fullsize image Go to fullsize image


3 ) Radio

Radio adalah teknologi yang digunakan untuk pengiriman sinyal dengan cara
modulasi dan radiasi elektromagnetik (gelombang elektromagnetik). Gelombang ini melintas dan merambat lewat udara dan bisa juga merambat lewat ruang angkasa yang hampa udara, karena gelombang ini tidak memerlukan medium pengangkut (seperti molekul udara).
Radio Satelit. Dengan menggunakan satelit, cakupan area yang dihasilkan sistem ini jelas lebih luas daripada yang dicapai stasiun radio konvensional. Di AS, cakupan areanya dibatasi hanya untuk seluruh wilayah negaranya. Dengan begitu, pendengar yang sedang melakukan perjalanan dari suatu kota ke kota lain di AS tidak perlu lagi pindah saluran ke stasiun radio yang berbeda. Cukup sekali tune ke XM Radio, setelah itu tidak perlu diubah lagi. Pada dasarnya, sinyal radio yang dipancarkan akan selalu mengalami redaman. Semakin jauh jarak yang ditempuh, semakin lemah pula sinyalnya sehingga mengurangi kualitas audio yang diterima. Penggunaan satelit berdaya tinggi (XM Radio menggunakan satelit berdaya 500 kilowatt) dengan pancaran langsung ke Bumi akan menghasilkan sinyal radio yang layak diterima oleh pesawat penerima.

4) Televisi

Televisi adalah sebuah alat penangkap siaran bergambar. Kata televisi berasal dari kata tele dan vision; yang mempunyai arti masing-masing jauh (tele) dan tampak (vision). Jadi televisi berarti tampak atau dapat melihat dari jarak jauh. Penemuan televisi disejajarkan dengan penemuan roda
, karena penemuan ini mampu mengubah peradaban dunia. Di Indonesia 'televisi' secara tidak formal disebut dengan TV, tivi, teve atau tipi.

TV Internet
teknologi yang menggunakan sinyal TV digital dan condong dihantarkan via jaringan pita lebar berkecepatan tinggi (high-speed broadband), ketimbang satelit, terestrial atau kabel itu. IPTV yang mempunyai keunggulan dalam jalur respon balik permintaan pelanggan, mempermudah pemesanan konten dan penggunaan fungsi interaktif seperti voting elektronik dan program belanja via TV. Kemampuan interaktif itu sendiri relatif terbatas bila menggunakan teknologi satelit digital dan terestrial digital.




5) Teknologi mencari informasi

Mencari berita saat ini bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Berita bisa mengalir melalui berbagai medium teknologi. Awalnya pada masa penjajahan, berita dapat di peroleh melalui media cetak dan radio (media elektronik). Walaupun tidak praktis sifatnya, tetap menjadi pilihan utama masyarakat dalam memperoleh berita. Sekarang media komunikasi teknologi telah berkembang secara pesat.
Internet dan televisi telah ikut membantu memperluas jangkauan berita secara global. Orang dapat mengakses informasi terbaru tentang berbagai hal hanya dengan membuka situs berita (cth: CNN, Metro TV). Tidak hanya timbulnya alat-alat baru ini scara nyata, namun terjadinya kerja sama antara medium-medium ini. Seringkali satu sumber informasi mempunyai beragam media pengiriman.
Contoh:
RCTI mempunyai acara berita Seputar Indonesia. Dimana acara tersebut juga keluar dalam bentuk media cetak, koran Sindo.
Hal ini juga banyak dilakukan oleh acara-acara atau brand-brand lain. Jadi para konsumen berita dapat mudah mengaksesnya dan juga loyal pada brand tertentu. Pada awalnya mungkin jangkauan setiap medium tidak bisa di akses secara global, sekarang hampir tidak terbatas oleh jarak. Dengan banyaknya pilihan telekomunikasi ini, dengan mudah kita bisa membandingkan kualitas berita kita. Berita yang kita dapatkan pula, dapat menjadi lebih jelas dan terpercaya.


www.mastel.or.id


Dibuat oleh:

- Namira (04120060176)
- Amanda (04120050209)
- Suryo P (04120060148)
- Erlangga 04120040116

Tidak ada komentar: